FORMULA RANSUM UNTUK DOMBA /KAMBING - MITRA AGRO

FORMULA RANSUM UNTUK DOMBA /KAMBING

Jumlah kebutuhan bahan pakan bervariasi dan tergantung pada status fisiologi ternak tersebut .Namun demikian jumlah patokan umum bahan pakan yang diperlukan adalah kurang lebih 10% dari berat badan ternak. Bila di perhitungkan dengan jumlah hijauan yang tidak dimakan, karena hijauan yang di berikan sudah tua, tidak disenangi adalah sekitar 50% dari pemberian. Oleh sebab itu, pemberian hijauan harus duakalilipat.
membuat pakan ransum domba


Perbadingan antara rumput dan daun-daun berdasarkan satatus fisiologi :

Ternak muda dan sedang bertumbuh membutuhkan lebih banyak zat pakan, demikian juga ternak yang sedang bunting dan menyusui. Untuk dapat memenuhi kebutuhan zat pakan tersebut, makan campuran bahan pakan/hijauan perlu di atur perbandingannya, sebagai berikut :

Kondisi Ternak
Proporsi Rumput
Proporsi daun-daunan
Rumput : daun-daunan

Kebutuhan ransum berdasarkan satatus fisiologi ternak:
  • Dewasa
Ternak dewasa sebaiknya diberi pakan berupa rumput sebagai sumber tenaga dan hijauan yang berupa daun-daunan sebagai protein. Daun-daunan ini dapat terdiri atas daun ubikayu, ubi jalar, atau dapat juga diberi daun kacang-kacangan (polongan) seperti daun gamal dan lamtoro sebanyak 1 – 1,5 kg/ekor/hari.
  • Induk yang di kawingkan
Tiga minggu sebelum betina dikawinkan kondisinya perlu ditingkatkan, dengan meningkatkan mutu makannya. Biasanya ternak diberi hijauan segar, sisa hasil pertanian dan ditambah dengan dedak padi sebanyak 2 – 3 gelas minum. Atau dengan pemberian daun kacang-kacangan sebanyak 1 – 1,5 kg/ekor/hari

  • Induk bunting tiga bulan
Induk bunting 6 minggu terakhir kebuntimgan harus di usahakan agar bobot badannya terus bertambah. Dengan hanya rumput saja tidak akan mengcukupi kebutuhannya sehingga pakannyagarus ditambah biji-bijian/dedak padi sebanyak 2-3 gelas minum per ekor per hari atau dengan memberikan daun kacang-kacangan (polongan) segar sebanyak 1 – 1,5 kg/ekor/hari.
  • Induk menyusui
Produksi susu dari induk yang menyusui anak kembar adalah lebih tinggi sebesar 20 – 40% daripada induk dengan anak tunggal. Oleh karenanya membutuhkan zat-zat makanan yang lebih banyak. Induk dengan anak kembarsebaiknya di beri pakan rumput dan hijauan sumber protein serta dedak padi sebanyak 2 -3 gelas minumper ekor per hari. Sedangkan induk dengan anak tunggal cukup diberi tambahan dedak padi sebanyak 1 gelas minum. Pemberian dedak padi ini dapat digantikan dengan pemberian daun polong-polongan/kacang-kacangan segar sebanyak 1 – 1,5 kg/ekor/hari.

  • Anak kambing sebelum si sapih
Anak kambing sudah bisa di beri pakan hijauan dan konsentrat setelah umur 2 – 3 minggu. Pakan yang diberikan sebaiknya hijauan segar yang bermutu dan mudah dicerna serta konsentrat secukupnya. Pakan diberika secara terpisah dari induknya (creep feeding). Anak dipisahkan dengan sekat, sekat ini diberi pintu yang hanya cukup untuk keluar masuk anak, sedangkan induknya tidak dapat masuk menghabiskan pakan anaknya. Tujuan pemberian pakan khusus dan terpisah ini agar pertumbuhan anak dapat seoptimal mungkin sebelum disapih.
  • Anak lepas sapih
Anak kambing setelah umur 6 bulan dapat dipisahkan dari induknya dan diberi pakan bermutu baik. Selain untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, pakan ini diperlukan agar pertumbuhan anak dapat lebih cepat. Selain diberikan rumput yang mudah dicerna, sebaiknya diberikan pula daun-daunan atau hijauan rumput segar sebanyak 0,5 – 1,0 kg/ekor/hari. Untuk lebih mempercepat pertumbuhan dapat diberi tambahan dedak padi sebanyak 0,5 – 1 gelas per ekor per hari.
Dengan pemberian pakan yang sesuai dengan jumlah ransum yang dianjurkan dapat menjamin hewan ternak tetap sehat dan usaha budidaya ternak dapat berkembang dengan pesat.

Keberhasilan usaha pemeliharaan dan budidaya kambing dan domba dipengaruhi beberapa faktor penting antara lain:
  • Bibit unggul dan jenis yang dipelihara
  • Pakan yang berkualitas dan ketepatan dalam penyusunan ransum
  • Kandang yang nyaman
  • Air minum adlibitum
  • Lokasi kandang jauh dari polusi dan keramaian
  • Managemen handling kambing dan domba yang benar
  • Penanganan penyakit yang tepat meliputi pencegahan, kenali penyakit dan tanda-tandanya serta cara mengobatinya
Berdasarkan kandungan gizinya, konsentrat dibagi dua golongan yaitu konsentrat sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein.

a. Konsentrat sebagai sumber protein

Apabila kandungan protein lebih dari 18%, Total Digestible Nutrision (TDN) 60%. Ada konsentrat yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Berasal dari hewan mengandung protein lebih dari 47%. Mineral Ca lebih dari 1% dan P lebih dari 1,5% serta kandungan serat kasar dibawah 2,5%. Contohnya : tepung ikan, tepung susu, tepung daging, tepung darah, tepung bulu dan tepung cacing. Berasal dari tumbuhan, kandungan proteinnya dibawah 47%, mineral Ca dibawah 1% dan P dibawah 1,5% serat kasar lebih dari 2,5%. Contohnya : tepung kedelai, tepung biji kapuk, tepung bunga matahari, bungkil wijen, bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil kelapa sawit dll.

b. Konsentrat sebagai sumber energi

Apabila kandungan protein dibawah 18%, TDN 60% dan serat kasarnya lebih dari 10%. Contohnya : dedak, jagung, empok, polar dll.

Konsentrat yang baik apabila terdiri dari bermacam macam bahan pakan supaya mendapatkan asam amino yang lengkap. Untuk pembuatan konsentrat harus diperhatikan bahan pakan yang digunakan sebagai penyusun ransum, baik dalam cara penyediaan maupun kandungan gizinya. Perlu diperhatikan pada pemberian jagung harus diimbangi dengan pemberian bahan yang berasal dari kedelai, pada pemberian bahan yang berasal dari kedelai sebaiknya dimasak terlebih dahulu,karena kedelai mengandung zat anti tripsin yang rusak bila kena panas.
Formula Pakan Kambing atau Domba;

A. Pertumbuhan atau pembesaran                                  

Dedak Padi                           = 50 %                                                        
Bungkil Kelapa                    = 25 %                                                 
Tepung Jagung                     = 15 %                                                  
Bungkil Kacang Tanah         = 8 %                                      
Garam Dapur                        = 1 %                                                     
Tepung Tulang                     = 0,5 %                                                
Kapur                                   = 0,5%                                                               
Jumlah                                 = 100 %                                                            
Bahan Kering                      = 85,5 %                                                
Protein Kasar                      = 17,2 %                                                
TDN                                    = 71,6 %   
                                                           
B.   Penggemukan

Dedak Padi                             = 42 %
Bungkil Kelapa                      = 15 %
Tepung Jagung                       = 21 %
Onggok                                  = 20 %
Garam Dapur                         = 1 %
Tepung Tulang                       = 0,5 %
Kapur                                     = 0,5 %
Jumlah                                   = 100 %
Bahan Kering                       = 86,4 %
TDN                                     = 74,8 %

Pages