JAMUR JAKABA BISA MENGATASI FUSARIUM - MITRA AGRO

JAMUR JAKABA BISA MENGATASI FUSARIUM

Jamur jakaba adalah jamur keberuntungan abadi yang di temukan oleh H. Aba Junaidi Sahidj (Kelompok Tani Sumber Rejeki Timurcurah) untuk mengatasi tanaman kerdil supaya tumbuh normal. secara tidak sengaja di temukannya. Jamur yang bentuk fisiknya sangat mirip dengan karang dengan tektur ketika masih muda lentur dan lama kelaman mengeras bak karang yang ada di lautan.
Jamur jakaba yang di temukan pada air bekas cucian beras atau di sebut air leri yang di taruh di timba besar dan hanya di tutup kain. Kemunculannya faktor keberuntungan karena proses yang tidak di sengaja tersebut.

Manfaat jamur Jakaba :

1. Mempercepat pertumbuhan tanaman yang kerdil

Ketika Sobat menyemai bijian tanaman pasti menemukan tanaman yang lambat pertumbuhannya di bandingkan sebayanya dengan perlakuan yang sama, mungkin penyebabnya beragam antara faktor genetik hingga pada percampuran media tanam yang tak merata bisa juga di akibatkan oleh hama penyakit bawaan atau endemik lahan penanaman.

2. Memperpanjang Umur Tanaman

Umur tanaman memang berbeda ada tanaman yang setelah menghasilkan mati karena faktor asli tanaman tersebut, dengan mengaplikasikan jamur air leri yang bernama Jakaba ini tanaman bisa panjang usia tanaman Rati atau jenis terong.

3. Mengatasi fusariun

Fusarium yang diakibatkan oleh cendawan, Fusarium adalah salah satu genus cendawan berfilamen yang banyak ditemukan pada tanaman dan tanah Fusarium merupakan patogen pada tanaman yang dapat menyebabkan penyakit hawar


Ciri-ciri jamur Jakaba


Pada bagian atas jamur berwarna coklat secara keseluruan mirip dengan coral karang tekstur renyah
Pada bagian bawah berwarna kehijauan tekstur kenyal agak mirip karet tapi mudah patah atau hancur


Cara Mendapatkan Jakaba

Cara mendapatkan jamur Jakaba tergolong unik karena mengandalkan keberuntungan kata penemunya yaitu Abah Junaidi, dari keterangan beliau jakaba di dapat dari bakar air cucian beras sebelum di masak atau di kenal air leri kemudian di masukan kedalam wadah seperti tong plastik atau bak plastik yang bersih, masukan air leri sebanyak Sobat dapat, kemudian tutup atasnya dengan kain hingga menutupi mulut tong plastik tersebut kemudian taruh tempat yang teduh di dalam rumah selama 15 hari, jika Sobat Beruntung muncul bakal jamur jakaba yang mirip dengan karang, bila sobat menemukan makan tutup lagi biarkan hingga tumbuh besar sesuai dengan keinginan Sobat. Apabila Sobat tidak beruntung maka mulailah dari tahap awal,
Memperbanya jamur keberuntungan abadi ini lebih mudah dari pada mendapatkan awalnya karena memperbanya hanya membutuhkan sedikit jamur Jakaba kemudian kumpulkan air leri atau di sebut air bekas cucian beras lalu tutup wadah dengan kain seperti proses mendapatkannya simpan pada tempat yang teduh tidak terkena panas matahari atau bersuhu lingkungan panas, tunggu hingga 14 hari kemudian buka wadah bila jamur Jakaba berkembang itu artinya Sobat berhasil dalam proses pengembangan atau memperbanyak Jakaba.

Cara aplikasi Jakaba untuk tanaman

Sobat bisa pakai air dari jamur Jakaba tumbuh, atau gunakan jamur Jakaba secukupnya kemudian hancurkan dengan blender agar halus tambahkan air leri secukupnya setelah jadi, ramuan di atas sebanyak 400 mili kemudian tambahkan air sebanyak 10 liter. Pengaplikasiannya bisa untuk kocor atau di semprotkan keseluruh bagian tanaman.

Pages