Belajar pertanian organik dari mata rantai makanan dan hama - MITRA AGRO

Belajar pertanian organik dari mata rantai makanan dan hama

Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan yang digambarkan secara skematis dalam bentuk garis lurus searah dan tidak bercabang. Rantai makanan selalu berawal dari produsen dan diakhiri oleh pengurai. Bahan-bahan yang diuraikan itu akan kembali digunakan oleh produsen, sehingga daur materi dan energi tidak pernah terputus. Dalam rantai makanan tumbuhan berperan sebagai produsen karena membuat makanan melalui proses fotosintesis. Hewan dan tumbuhan tali putri mendapatkan zat organik dari organisme lain disebut konsumen. Konsumen dapat berupa herbivora, karnivora, atau omnivora.

Herbivora menempati konsumen tingkat pertama karena dia memakan tumbuhan secara langsung. Karnivora menempati konsumen tingkat kedua karena dia memangsa herbivora. Konsumen tingkat ketiga akan memangsa konsumen tingkat kedua. Konsumen tingkat keempat juga diduduki oleh karnivora lain yang memangsa karnivora (konsumen tingkat ketiga).

Rangkaian rantai makanan dari produsen ke konsumen yang memperlihatkan tingkat makanan untuk memperoleh energi disebut tingkat trofik. Tingkat trofik pertama diduduki oleh produsen, tingkat trofik kedua diduduki oleh herbivora, tingkat trofik ketiga diduduki oleh karnivora. Adapun tingkat trofik keempat ditempati oleh karnivora lain (pemangsa karnivora pertama). Berikut ini contoh beberapa rantai makanan pada ekosistem yang berbeda-beda.

Jadi pertanian organik bukan hanya menghindari pemakaian bahan kimia tapi juga belajar memahami alam yang sebenarnya agar terciptanya simbiosis mutualisme 

pertanian organik harus di dukung secara menyeluruh pemahaman ini tidak semua orang menerima apalagi dalam pertanian sekarang lebih yakin dengan bahan2 kimia yang sebenarnya merusak tatanan kehidupan mahluk sehingga pertanian saat ini sudah mengalami perubahan iklim banyak timbul hama baru bahkan ada hama yang susah di tanggulangi 

lalu apa yang harus di lakukan agar tetap terjaga siklus mata rantai makanan 
kembali ke organik yang sebenarnya ,.. dengan meninggalkan bahan berbahaya dan mulai hari ini mari kita sadarkan masyarakat untuk kehidupan yang akan datang.


salam p2o indonesia 
informasi lebih lanjut 0821 3776 6191 
bimbingan penyuluhan pertanian , peternakan , perikanan 
edukasi ,business, kerjasama.

Pages