budidaya perkebunan sawit - MITRA AGRO

budidaya perkebunan sawit

 Mempelajari Cara Budidaya Kelapa Sawit

Salam sejahtera semuanya pada artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana banyak perusahaan sawit ( baca : daftar perusahaan kelapa sawit di indonesia )membudidayakan perkebunan sawit dan cara pengolahanya sampai menjadi CPO hingga menjadi minyak goreng. Sekarang ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang hal hal dasar tentang kelapa sawit seperti dibawah ini 



Kecambah 

Kelapa sawit berkembang biak dengan bijji dan akan berkecambah untuk selanjutnya tumbuh menjadi tanaman. Bibit kelapa sawit membutuhkan waktu tiga bulan untuk meberubah menjadi organisme yang mampu memfotosintesis dan mengabsorpsi makanan dari dalam tanah secara sempurna. 

Batang dan daun 

Kelapa sawit memiliki batang yang tidak bercabang. Pada pertumbuhan awal setelah fase muda terjadi pembentukan batang yang melebar tanpa terjadi pemanjangan internodia. Kelapa sawit memiliki daun yang menyerupai bulu burung atau ayam di bagian pangkal pelepah daun terbentuk dua baris duri yang sangat tajam dan keras di kedua sisinya. 

Bunga dan Buah 

Tiga bulan untuk kelapa sawit adalah umur yang cukup dewasa untuk kelapa sawit oleh karena itu biasanya kelapa sawit akan mengeluarkan bunga jantan dan betina. Bunga tersebut keluar dari ketiak atau pangkal pelepah daun bagian dalam. Perbandingan bunga betina dan bunga jantan sangat dipengaruhi oleh pupuk dan air. Jika tanaman kekurangan pupuk atau kekurangan air, bunga jantan akan lebih banyak keluar umur buah muda berwarna hijau pucat. Semakin tua berubah menjadi hijau hitam hingga kuning. 

Jenis kelapa sawit 

    • Dura: dura adalah jenis kelapa sawit yang mempunyai cangkang tebal 3-5 mm, daging buah tipis, dan rendemen minyak 15-17 %. 
    • Tenera: Tenera dalah jenis kelapa sawit yang mempunyai cangkang agak tipis 2-3 mm, daging buah tebal, dan rendemen minyak 21-23%. 
    • Pesifera: Jenis kelapa sawit ini mempunyai cangkang sangat tipis, daging buah tebal, biji kecil dan rendemen minyak tinggi 23-25%. 
Tahap Budidaya kelapa sawit 

Pembibitan  :  ( baca: cara pembibitan kelapa sawit ). 

Pemupukan :  ( baca: cara pemupukan kelapa sawit ). 

Penyiapan Polibag 

Polibag yang digunakan sebaiknya berwarna hitam dengan panjang 42 cm, lebar 33 cm atau berdiameter 23 cm, dan tebal 0,15 cm. polibag diberi lubang berdiameter 0,5 cm sebanyak dua baris. 

Penanaman 

Sehari sebelum penanaman, tanah tanam dalam polibag harus disiram. Bibit dipindahkan dari media tahap awal setelah berdaun 2-3 helai dan berumur maksimum tiga bulan. Penanaman dilakukan dengan cara membuat lubang di polibag seukuran dengan diameter babybag. 

Penyiraman dan Penyiangan 

Penyiraman dilakukan setiap hari secara teratur. Saat musim kemarau, siram bibit dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari. Kebutuhan air penyiramann sebanyak 2 liter air/bibit/hari. 

Pemusnahan Hama 

Pengendalian hama dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan mengambil satu per satu serangga, lalu membunuhnya. 

Menghindari Penyakit 

Penyakit yang sering muncul pada tanaman sawit crown disease dan blast disease. Crown disease adalah penyakit busuk tajuk. Gejalanya ditandai dengan daun muda yang baru muncul mengalami pembusukan. Penyakit ini belum dapat diatasi secara kimiawi. Blast disease adalah penyakit busuk pada akar kelapa sawit yang disebabkan oleh serangan jamur. Pemberantasannya sangat sulit. Tindakan yang dapat dilakukan hanya dengan mencabut dan membakar tanaman kelapa sawit yang terinfeksi. 

Cara Pemupukan Kelapa Sawit yang Baik 

Halo pengusaha sawit semua artikel saya ini akan menjelaskan kepada pemula yang baru dan ingin berbisnis sawit atau untuk kalian yang sudah tahu tetapi ingin lebih mendalaminya lagi. Setiap orang dalam bisnis ini mempunyai metode yang sama atau berbeda dalam melakukan pemupukan kelapa sawit tetapi topik ini senang saya bagikan untuk anda yang berdasarkan pengalaman saya selama 6 tahun berbisnis sawit ( sebelumnya silahkan membaca cara tepat membibit kelapa sawit ). 

Hal paling terpenting sebelum memlakukan pemupukan adalah membersihkan dahulu piringan sawit, piringan sawit adalah bulatan disekeliling pohon sawit ini dilakukan agar hama tidak mengganggu proses pemupukan dan jangan lupa bersihkan keliling sawit dari rumput. Oke kita lansung saja melihat bagaimana cara pemupukan sawit yang baik. 

Metode pemupukan sawit :

pemupukan dengan formula organik p2o granular Untuk di tanah yang datar pupuk ditabur merata 0,5 m dari pohon kelapa sawit sampai pinggiran melingkar lakukan cara ini secara merata. 

Jangan menyebarkan pupuk yang bukan pada tempatnya, karena akan mempengaruhi hasil dari pemupukan kelapa sawit yang dilakukan. Sebarkan pupuk tepat kepada tanaman kelapa sawit yang mempunyai akar-akar rambut paling banyak. Letaknya kira-kira dekat mahkota daun bagian yang terluar dari kelapa sawit. 

Gunakanlah selalu alat takaran pemupukan kelapa sawit supaya dosis pemupukan bisa tepat dalam penggunaannya. Untuk pengguna pupuk cair Biotrent sawit atau pupuk cair lainya takarannya adalah tutup botolnya lalu anda bisa lansung menyebarkanya di sekililing tanaman sawit atau dituang menggunakan ember. Pupuk memang baik untuk merangsang produktifitas buah kelapa sawit, tetapi jika berlebihan juga akan berakibat buruk. 

untuk 1 ton granular p2o bisa di gunakan untuk 1 hektar lahan atau 125 pohon sawit

Waktu adalah faktor yang sangat menentukan efektifitas pemupukan tanaman kelapa sawit. Pastikan Anda memupuk tepat waktu dan tepat musim sehingga tidak mengganggu pertumbuhan kelapa sawit Anda. 




Pages